Uncategorized

Sekolah Legislatif DEMA FK UNS 2014

Tahun 2014 merupakan momentum istimewa mulai hidupnya pergerakan mahasiswa FK UNS. Momentum istimewa ini adalah karena telah disahkannya sebuah wadah atau forum bersama mahasiswa dan ormawa  sebagai Keluarga Besar Mahasiswa Fakultas Kedokteran UNS atau KBM FK UNS. Hal ini tidak terlepas dari peran dan fungsi Dewan Mahasiswa ( DEMA ) FK UNS sebagai ormawa legislatif di KBM FK UNS. Salah satu rencana strategis KBM FK UNS yang telah disusun oleh para alumni adalah stabilnya KBM pada tahun 2015. Adanya peraturan-peraturan yang menjadi dasar keberjalanannya dan menjadi arah pergerakannya menjadi suatu hal yang sangat berpengaruh dalam keberjalanan KBM FK UNS.

Sebagai ormawa legislatif, DEMA FK UNS memiliki wewenang dalam menyusun dan mengesahkan peraturan-peraturan tersebut. Tidak hanya itu, fungsi-fungsi lain DEMA seperti budgeting, aspirasi dan pengawasan merupakan bagian yang tidak akan pernah lepas dari fungsi legislatif DEMA FK UNS dalam KBM FK UNS. Namun hal ini masih sangat sedikit diketahui oleh mahasiswa FK pada umumnya, bahkan sering sekali calon anggota DEMA FK UNS tidak mengerti tentang fungsi ini. Hal inilah yang menjadi latar belakang DEMA FK UNS 2014 membuat salah satu acara yang bertujuan untuk mensosialisasikan fungsi ini, yaitu Sekolah Legislatif.

SL

Sekolah legislatif dilaksanakaan pada tanggal 14,15 dan 24 Oktober 2014 di Kampus Mesen. Saat ini telah terlaksana 2x pertemuan sekolah legislatif. Materi yang diberikan semua berhubungan dengan fungsi legislatif DEMA FK UNS. Materi yang pertama bertemakan “Wawasan Kelegislatifan Indonesia dan Kampus” yang diberikan oleh Mas Aminudin Ketua DEMA UNS 2013-2014. Pada materi dijelaskan tentang konsep kelegislatifan di Indonesia dan bagaimana penerapan fungsi tersebut di lingkungan kampus. Materi yang kedua dengan tema “Legal Drafting” atau tatacara pembuatan undang-undang diberikan oleh Mbak Anggi Ketua Bidang Legislatif DEMA FH UNS 2013-2014. Pada sesi ini dijelaskan secara detail apa saja yang diperlukan jika akan membuat UU. Materi ini sangat erat hubungannya dengan fungsi DEMA sebagai ormawa legislatif KBM dengan fungsi legislasinya. Selain itu, pada materi ini juga dijelaskan bagaimana penerapan legal drafting k ini dilingkungan mahasiswa, mulai dari pertimbangannya sampai pada alur penyusunannya di lingkungan mahasiswa. Materi yang ketiga bertemakan kedemaan yang diberikan oleh Mbak Afifah Ketua DEMA FK UNS 2013-2014. Pada materi ini dijelaskan mengenai fungsi-fungsi DEMA FK UNS di KBM FK UNS, mulai dari fungsi legislasi, pengawasan, budgeting dan aspirasi. Semua materi diatas bisa didownload di sini. *)

Diakhir materi kedemaan, peserta sekolah legislatif diberikan penugasan sebagai aplikasi dari materi yang telah diberikan. Peserta dibagi menjadi 4 kelompok dan diberikan tugas menjalankan salah satu fungsi DEMA dalam KBM FK UNS. Setelah melaksanakan penugasan tersebut, diwajibkan kepada semua peserta legislatif untuk mempresentasikan hasil penugasan pada hari ke-3 Sekolah Legislatif. Tidak hanya itu, peserta legislatif juga diwajibkan melaksanakan fungsi administratif  DEMA dengan mebuat proposal kegiatan yang akan mereka laksanakan. Kelompok legislasi diharapkan dapat menghasilkan draft UU, dimana draft tersebut akan menjadi bahan sidang pengesahan yang secara mandiri dilaksanakan oleh peserta sekolah legislatif. Pelaksanaan sepenuhnya direncakan dan dilakukan oleh peserta Legislatif.

Pembagian kelompok peserta legislatif dapat dilihat di daftar dibawah ini :

kelompok penugasan

Untuk daftar LO tidak dipublish, silahkan memberitahukan tanggal pertemuan kelompok ke cp dibawah, dan info CP LO akan diberikan setelah itu.

PENUGASAN :

1. Aspirasi : silahkan dengan cara apapun ( bisa dengan kuisioner ) menyerap aspirasi mahasiswa, penjelasan jenis aspirasi ada di slide Fungsi DEMA, jika ingin bekerjasama dengan kelompok penugasan lain yang berhubungan dengan aspirasi dipersilahkan, silahkan berkoordinasi sendiri. Ketentuan hasil aspirasi : hasil penyerapan merupakan data yang bisa dipertanggungjawabkan kevalidannya. Hasil aspirasi yang nanti akan dipresentasikan di hari ke-3 Sekolah Legislatif, dan akan disampaikan kepada Kementerian Advokasi BEM FK UNS.

2. Legislasi : Membuat peraturan yang menjadi kebutuhan mahasiswa dalam menjalankan kegiatannya di KBM FK UNS. Terapkan apasaja yang sudah didapatkan di materi Legal drafting. Jika ingin bekerjasama dengan kelompok aspirasi dipersilahkan, silahkan berkoordinasi sendiri. Selain dipresentasikan di hari ke-3 Sekolah Legislatif, hasil peraturan akan digunakan sebagai bahan sidang di pertemuan terakhir Sekolah Legislatif dan akan digunakan sebagai bahan Pengesahan UU KBM di Sidang Paripurna III DEMA FK UNS 2014. Peserta diperbolehkan mencari referensi UU KBM di keluarga mahasiswa fakultas/universitas lain dengan menyesuaikan kondisi yang ada di KBM FK UNS.

2. Budgeting : Membuat RAB dengan membagi dana kegiatan mahasiswa yg disediakan fakultas ( RBA ) & DPP untuk proker yg diajukan oleh ormawa ( Pengajuan RAB ). Data RBA, DPP dan pengajuan Ormawa akan dikirim via email. Silahkan diolah sampai menghasilkan RAB dengan ketentuan pengerjaan : (a) Dana disesuaikan dengan MAK yang ada dan yg diajukan (b) Inventarisasi selain ATK ( spt kipas angin, papan tulis, almari, dll ) tidak dapat diturunkan via dana kegiatan mahasiswa (c) proker akhir tahun ( november & desember tidak bisa di masukkan ke dana fakultas ) (d) jika tidak mengetahui kemungkinan dana detil keperluan proker yg dikeluarkan oleh ormawa, silahkan menghub bendahara ormawa dengan menyebutkan sedang dalam masa penugasan Sekolah Legislatif DEMA FK UNS, jika tidak direspon/tidak memperbolehkan, silahkan menghub cp dibawah.

2. Pengawasan : Melakukan pengawasan pelaksanaan UU Pemilu & Kepartaian KBM FK UNS  oleh KPU. Selain pengawasan UU Pemilu KBM FK UNS, peserta juga ditugaskan untuk mengawasi pelaksanaan AD/ART KBM FK UNS. Segala ketidaksesuaian / pelanggaran menjadi catatan penting dalam penugasan ini. Format hasil pengawasan diserahkan kepada peserta. Hasil penugasan ini akan dipresentasikan di hari ke-3 Sekolah Legislatif.

Selamat Belajar

-TO BE CONTINUED-

Sekolah Legislatif 2014

Satu Ilmu Satu Tujuan Viva Legislativa !

Info penugasan bisa hubungi Afifah 085647304292

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *