Aspirasi Mahasiswa FK UNS

Hasil Kuisioner Aspirasi Mahasiswa Fakultas Kedokteran part I

Pendahuluan :

Sebagai badan legislatif, DEMA FK UNS dituntut untuk bisa menyerap aspirasi mahasiswa dari setiap prodi di FK UNS. Aspirasi mahasiswa yang diserap akan menjadi bahan evaluasi sekaligus sumber ide inovatif yang dapat membawa FK UNS ke arah lebih baik. Terdapat berbagai metode yang dapat digunakan untuk menyerap aspirasi. Metode penyerapan aspirasi yang digunakan DEMA FK UNS pada periode 2013-2014 adalah kuisioner. Hal ini dikarenakan jumlah mahasiswa FK UNS yang tergolong besar dan letak kampus Prodi yang berbeda-beda. Dalam pelaksanaannya, kegiatan ini dilaksanakan oleh DEMA FK UNS yang bersinergi dengan pihak advokasi dari tiap HMP di FK UNS, yakni HMPD, HIMAPSI, HIMADAN, KEMA HIPERKES, dan HIMAKESJA. Semoga hasil aspirasi yang telah terjaring dapat memberikan kontribusi dalam meningkatkan kualitas aspek-aspek yang mendukung sinergisme di lingkup FK UNS.

Tujuan dan Manfaat

  1. Menyerap aspirasi, baik keluhan atau kritik maupun saran, dari mahasiswa tiap prodi dan angkatan di FK UNS.
  2. Memberikan informasi kepada stakeholder mengenai permasalahan yang berkaitan dengan kondisi tiap Program Studi di FK UNS, baik dalam lingkup Program Studi maupun lingkup Fakultas

Metode Pengumpulan Data

  1. Penjaringan isu dilakukan melalui penyebaran kuisioner terbuka di tiap-tiap kelas di tiap Program Studi di FK UNS.
  2. Berdasarkan aspirasi yang diperoleh dari kuisioner terbuka, disusun kuisioner yang memuat aspirasi dan keluhan mahasiswa. Penyusunan kuisioner tiap Program Studi dilakukan oleh pihak PAKP DEMA FK UNS dan pihak Advokasi dari Himpunan Mahasiswa Prodi masing-masing.
  3. Kuisioner disebar kepada mahasiswa di setiap prodi. Besar sampel yang terpilih serta metode penyebaran kuisioner menyesuaikan dengan kondisi di tiap prodi. Di Prodi Pendidikan Dokter, kuisioner diibagikan di tiap angkatan sejumlah 100 rangkap kuesioner dan total kuesioner yang terkumpul dan telah diisi oleh responden sejumlah 225 bendel. Di Prodi Psikologi, kuisioner dibagikan di tiap angkatan aktif dan kemudian dilakukan pengambilan sampel kuisioner secara random sebesar 156 kuisioner. Di Prodi D3 Hiperkes dan KK, kuisioner dibagikan di tiap angkatan dan total kuisioner yang terkumpul sebesar kurang lebih 178 kuisioner. DI Prodi Kebidanan, kuisioner dibagikan di tiap angkatan dan total kuisioner yang terkumpul sebesar total kuisioner yang terkumpul sebesar 113 kuisioner. Di Prodi D4 K3, kuisioner dibagikan di tiap angkatan dan total kuisioner yang terkumpul sebesar 118 kuisioner.
  4. Kuisioner memiliki 2 tipe pertanyaan. yaitu pilihan ganda dengan satu opsi jawaban dan uraian singkat. Contoh pertanyaan pilihan ganda dengan satu opsi jawaban :
    1. Ketersediaan jumlah ruang kuliah? a) Sangat kurang, b) Kurang, c) Biasa, d) Baik, e) Sangat Baik.

    Contoh pertanyaan uraian singkat (bersifat opsional):

    Deskripsi yang dikeluhkan / saran untuk fasilitas umum lebih baik :…………………..

 

Hasil Kuisioner

  1. Pendidikan Dokter ; download disini
  2. Psikologi ; disini
  3. Kebidanan ; disini
  4. Hyperkes & KK ; disini
  5. K3 ; disini

Penutup

Demikian hasil ini kami sampaikan guna memberikan informasi mengenai aspirasi mahasiswa serta permasalahan yang dirasakan mahasiswa berkaitan dengan kondisi di tiap Program Studi di FK UNS. Kami berharap semoga hasil kuisioner ini dapat memberikan kontribusi demi kemajuan FK UNS.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *